Oknum Lakukan PUNGLI Di Beberapa Desa , Terkait Program BEKERJA Dari Kementrian Pertanian

ilustrasi

AGEN07.COM-,Lebong –  Berbagai cara Pemerintah Pusat Mencanangkan Program dengan tujuan untuk mambantu Kesejahtraan Masyarakat Miskin di seluruh desa dalam wilayah Negara indonesia, di mana yang kerap di lihat adanya kegiatan Program Pusat dalam bentuk Penyaluran Dana Desa(DD), yang sudah Berlangsung  beberapa tahun, kali ini Pemerintah Pusat juga Meluncurkan Program BEKERJA(Bedah Kemiskinan Kesejahteraan Rakyat ) melalui Kementrian Pertanian.

Pada Tahap awal adanya penyaluran Dana sebesar RP. 500.000,-/ orang dalam suatu Kelompok  untuk Pembuatan Kandang ternak Ayam, namun  Program ini Tercoreng oleh beberapa oknum yang mau memanfaatkan situasi unuk kepentingan Pribadi atau orang lain, dengan kesan berbentuk Pungli(Pungutan Liar).

Seperti salah satu contoh beberapa Desa yang ada di kecamatan Lebong Tengah Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu, dimana Program BEKERJA yang mulai pada tahap awal penyaluran Dana untuk pembuatan Kandang ayam Sebesar Rp 500.000,- di potong secara variasi Rp. 25.000,- hingga Rp.150.000,-. Hal ini berdasarkan keluhan Masyarakat penerima Program BEKERJA di Desa Semelako I, Desa Semelako III dan Kelurahan Embong Panjang Kecamatan Lebong Tengah.

Beberapa masyarakat telah menghubungi melalui Pia telepon terhadap ketua Ormas P,Famal dan ada juga yang mendatangi sekretariat Ormas P.Famal yang bertempat di Desa Suka Damai, dengan tujuan meminta untuk sebagai Perpanjangan tangan dari masyarakat agar bisa melaporkan tentang adanya indikasi Pungutan Liar terhadap Program BEKERJA .

Bahtiar Ketua Ormas P.Famal kepada wartawan menjelaskan, “ Benar ada masyarakat yang Telepon dan ada juga yang datang langsung ke kantor sektretariat Ormas P.Famal, selain tujuan koordinasi dan juga meminta Ormas P.Famal untuk Melaporkan beberapa Oknum yang telah melakukan Pemotongan terhadap penyaluran Dana Program BEKERJA, dan masyarakat Berhadarap  pihak Pelaku dapat di berikan tindakan dari Pihak hukum “ ujarnya.

Lanjut Bahtiar, “ kita juga sudah menelpon salah satu perangkat Desa Semelako I Berinisial AN  melalui Pia telepon mengatakan, “benar ada Bantuan dari Kementrian sebesar Rp.500.000,-/orang untuk Desa kami penerima bantuan ini sebanyak 70 orang, untuk pembuatan kandang ayam, terkait  pemotongan ada Kesepakatan dan Berita acara  Pengurus dan penerima bantuan untuk mengganti biaya Oprasional”.

Sementara ada juga Beberapa orang mengatakan kepada saya bahwa salah satu Pengurus Pogram BEKERJA  yang ada di kecamatan Lebong tengah Pernah melontarkan ucapan nantinya ayam jangan di berikan  Kalimat di lontarkan sebagai Pesan kepada Penerima Program BEKERJA.(red-Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *